SERVER & WORKSTATION


Salah satu manfaat utama dari implementasi LAN adalah berbagi sumber daya data dan informasi seperti perangkat penyimpanan, printer, dll. Hal ini dicapai melalui penyediaan server di LAN. Hal ini didedikasikan pada komputer yang mengontrol satu atau lebih sumber daya. Ini berisi hardware dan interface perangkat lunak untuk LAN. Tiga kategori utama dari jasa yang digunakan dalam LAN adalah :

1. File Server
2. printer Server
3. modem Server


Dalam jaringan, file server digunakan untuk berbagi ruang penyimpanan untuk file. Selain menyediakan ruang penyimpanan untuk file dalam lingkungan LAN, juga digunakan sebagai backup data dan juga untuk menyediakan gateway ke server lain dalam dan di antara LAN.

Demikian pula printer server digunakan untuk menangani pekerjaan pencetakan dari semua workstation yang terhubung dalam jaringan.
Dalam lingkungan LAN juga modem diperlukan untuk bisa terhubung ke jaringan lainnya atau hanya menggunakan telepon. Sebuah server modem digunakan untuk berbagi sumber daya dengan semua workstation terhubung dalam cincin jaringan.

Dapatkan berbagai mancam Tutorial Jaringan, Mikrotik, Printer, dan lain sebagainya di TUTORIAL JARAINGAN dan TUTORIAL MIKROTIK

0 komentar:

Posting Komentar